GBRP KELAS LANJUT
GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS LANJUT
Rumpun Kompetensi |
Kompetensi |
Subkompetensi |
Indikator |
Substansi Kajian |
Pengalaman Belajar |
Tagihan/Evaluasi |
Sumber |
Mata Kuliah |
Menguasai materi ajar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum SD/MI (B.6) |
|
Menganalisis Kurikulum SD dari segi isi, cakupan, dan urutan materi peembelajaran BI kelas lanjut | Substansi, cakupan, dan tata urut materi pelajaran bahasa Indonesia kelas lanjut SD dalam kurikulum yang berlaku. |
|
Hasil kerja kelompok
|
|||
|
Menganalisis karakteristiik buku teks bahasa Indonesia kelas lanjut dari segi data buku, isi, sistematika penyajian, kesesuaian dengan kurikulum, tingkat keterbacaan, kelebihandan kekurangannya | Karakteristik buku-buku pelajaran bahasa Indonesia kelas lanjut SD: (1) data buku, (2) isi dan sistematika penyajian, (3) kesesuaian dengan kurikulum, (4) tingkat keterbacaan, (5) kelebihan dan kekurangan |
|
Laporan lisan dan tulisan
Hasil analisis |
||||
|
Latihanmemilih, manata,mempresentasikan materiajar bahasa Indonesia kelas lanjut dengan criteria rujuakan kurikulum pendekatan spiral, penentuan urutan materi, teori perkembangan kognitif anak. | Pemilihan, penataan, perepresentasian materi ajar bahasa Indonesia kelas tinggi SD: (1) rujukan kurikulum, (2) pendekatan spiral, (3) penentuan gradasi materi |
Ø Latihan
|
Hasil latihan/pengamatanhasil presentasi. | ||||
|
Merancang dan mengembangkan materi ajar bahasa Indonesia kelas lanjut dengan merujuk pada kurikulum, kebuthhan peserta didik dan konteks serta tujuan utuh pensdidikan | Perancangan dan pengembangan materi ajar bahasa Indonesia kelas tinggi SD: (1) rujukan kurikulum, (2) kebutuhan pembelajaran peserta didik, (3) konteks tujuan utuh pendidikan. | Latihan dan Penugasan | Pengamatan hasil latihan. | ||||
|
Berlatih mengaitkan materi ajar bahasa Indonesia dengan mata pelajaran lainnya dalam konteks kehidupan peserta didik. | Pengaitan materi ajar bahasa Indonesia dengan (1) model intra bidang studi. | Diskusi
Latihan
|
Melaporkan hasil diskusi/pengamatan proses dan hasil diskusi. | ||||
|
Membedakan berbagai model pembelajaran empat keterampilan berbahasa di Kelas lanjut |
Berbagai model pembelajaran bahasa dan sastra di kelas tinggi: (1) model pembelajaran membaca (antara lain: pendekatan proses, SQ3R, DRTA), (2) model pembelajaran menulis (antara lain: pendekatan proses, guided writing activity, (3) model pembelajaran berbicara (antara lain: berpidato, bercerita, berdiskusi, berwawancara, bermain peran, simulasi, berbicara estetik), (4) model pembelajaran menyimak (antara lain: DLA, DLTA) |
Diskusi dan Inquiri Diskusi dan Inquari
Diskusi
Diskusi
|
Laporan hasil diskusi dan Tanya jawab Laporan hasil diskusi Pengamatan proses simulasi Pengamatan Simulasi |
||||
|
Mengadakan latihan berbagai model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas lanjut |
Berlatih berbagai model pembelajaran bahasa dan sastra di kelas tinggi: (1) model pembelajaran membaca (antara lain: pendekatan proses, SQ3R, DRTA), (2) model pembelajaran menulis (antara lain: pendekatan proses, guided writing activity, (3) model pembelajaran berbicara (antara lain: berpidato, bercerita, berdiskusi, berwawancara, bermain peran, simulasi, berbicara estetik), (4) model pembelajaran menyimak (antara lain: DLA, DLTA) |
Latihan
Pengamatan penampilan
|
Pengamatan dan penampilan
Pengamatan penampilan |
||||
|
Mengadakan latihan untuk mengembangkan bahasa Indonesia SD sesuai tuntutan, situasi dan kebutuhan peserta didik. | Praktik pengembangan kurikulum BI SD/MI | 100
300 Latihan |
Pengamatan hasil latihan | ||||
|
Mempraktekkan pengembangan kurikulum sesuai dengan pendekatan konstekstual,intergratif dan fungsional | Praktik pengembangan kurikulum BI SD/MI dengan pendekatan kontekstual, integratif, dan fungsional | 100
300 Latihan/Praktek |
Hasil penampilan | ||||
|
Mempraktekkan pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran bahasa Indonesia. | Praktik pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran bahasa Indonesia di SD kelas tinggi | 100
300 Latihan menggunakan bahanajar disertai media pembelajaran |
Hasil pwenampilan | ||||
|
Mempratekkan pembelajarn bahasa dengan pendekatan tematik dan holistik | Praktik pembelajaran bahasa Indonesia SD dengan pendekatan tematik dan holistik | 100
300 Latihan |
Pengamatan hasil penampilan | ||||
Mampu merancang pembelajaran yang mendidik (C.3) |
|
Menyusun rancangan pembelajaran bahasa Indonesia dengan mempertimbangkan karekteristik peserta didik dan karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia. | Rancangan pembelajaran bahasa Indonesia SD: (1) mempertimbangkan karakteristik peserta didik, (2) karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia. | 100
300 Menyusun RPP kelas awal |
penugasan
Pengamatan simulasi. |
|||
Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik (C.4) |
|
Melakukan simulasi pembelajaran BI dengan memper-timbangakan karakteristik peserta didik |
Simulasi pembelajaran bahasa Indonesia SD: (1) mempertimbangkan karakteristik peserta didik, (2) karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia. | 100
400
|
Tes Penampilan |
|||
|
Melakukan simulasi pembelajaran BI dengan menerapkkan berbagai model di tingkat kelas (I-VI) SD | Simulasi pembelajaran bahasa Indonesia SD: (1) menerapkan berbagai model, (2) memperhatikan tingkatan kelas | 100
400
|
Tes Penampilan | ||||
|
Melakukan simulasi dengan memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai laboratorium belajar bagi siswa | Simulasi pembelajaran bahasa Indonesia SD: dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar | 100
400
|
Tes Penampilan | ||||
Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan (C.5) |
|
Menjelaskan strategidan prosedur penilaian proses dan penilaian hasil bahasaIndonesia. | Strategi dan prosedur penilaian bahasa Indonesia SD: (1) penilaian proses, (2) penilaian hasil. | 100
300 Diskusi tentang strategi dan prosedur penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran bahasa Indonesia. |
Laporan hasil diskusi tertulis. |
|||
|
Menyusuninstrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia. | Pengembangan instrumen penilaian bahasa Indonesia SD: (1) instrumen penilaian proses, (2) instumen penilaian hasil. | 100
200 Latihan menyusun instrument penilaian proses dan hasil pembel-ajaran. |
Hasil latihan. | ||||
|
Melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran. | Implementasi penilaian bahasa Indonesia SD: (1) implementasi penilaian proses, (2) implementasi penilaian hasil. | 100
200 Latihan me-laksanakan penilaianproses dan hasil. |
Hasil latihan | ||||
|
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil pembelajaran. | Menganalisis hasil penilaian bahasa Indonesia SD: (1) analisis hasil penilaian proses, (2) analisis hasil penilaian hasil. | 100
300 Latihan menganalisis |
Hasil latihan. | ||||
|
|
refleksi hasil penilaian proses dan hasil |
100 200 Latihan melakukan refleksi dan simulasi |
Fortofolio
Wawancara Skala likert |
||||
Berlatih menindak-lanjuti hasil penilaian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran (C.5.f) | Melakukan tindak lanjut hasil penilaian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran | Praktik tindak lanjut hasil penilaian | 100
200 Latihan menindaklanjuti hasil penilaian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran |
Fortofolio
Tes tertulis Tes lisan |
Posted on Mei 25, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.
Tinggalkan komentar
Comments 0