GBRP KELAS LANJUT

GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS LANJUT

Rumpun Kompetensi

Kompetensi

Subkompetensi

Indikator

Substansi Kajian

Pengalaman Belajar

Tagihan/Evaluasi

Sumber

Mata Kuliah

  Menguasai materi ajar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum SD/MI (B.6)
  1. Mengkaji substansi, cakupan, dan penataan materi ajar dalam kurikulum bahasa Indonesia SD/MI (B.6.a)
Menganalisis Kurikulum SD dari segi isi, cakupan, dan urutan materi peembelajaran BI kelas lanjut Substansi, cakupan, dan tata urut materi pelajaran bahasa Indonesia kelas lanjut  SD dalam kurikulum yang berlaku.
  • Ø Penjelasan Dosen.
  • Ø Mahasiswa ditugasi mengkaji  dan menelaah kurikulum,
  • Ø Mendiskusikan SK dan KD-KD.
  • Ø Berlatih merumuskan indikator dan tujuan, berdasarkan KD-KD.
Hasil kerja kelompok

  • Cakupan  materi pembelajaran
  • Urutan mteri pembelajaran
 
  1. Mengkaji buku-buku pelajaran bahasa Indonesia SD/MI dan relevansinya dengan(b.6.b)
Menganalisis karakteristiik buku teks bahasa Indonesia  kelas lanjut dari segi data buku, isi, sistematika penyajian, kesesuaian dengan kurikulum, tingkat keterbacaan, kelebihandan kekurangannya Karakteristik buku-buku pelajaran bahasa Indonesia kelas lanjut SD: (1) data buku, (2) isi dan  sistematika penyajian, (3) kesesuaian dengan kurikulum, (4) tingkat keterbacaan, (5) kelebihan dan kekurangan
  • Ø Penjelasan dosen
  • Ø Diskusi/ Inquiri
  • Ø Berlatih menganalisis karakteristiik buku teks bahasaIndnesia  kelas tinggi dari segi data buku,, isi, sistematika penyajian, kesesuaian dengan kurikulum, tingkat keterbacaan, kelebihan dan kekurangannya

 

 

 

 

Laporan lisan dan tulisan

Hasil analisis

 
  1. Berlatih memilih, menata, dan merepresentasikan materi ajar bahasa Indonesia SD/MI sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kebutuhan pembelajaran peserta didik (B.6.d)
Latihanmemilih, manata,mempresentasikan materiajar bahasa Indonesia kelas lanjut dengan criteria rujuakan kurikulum pendekatan spiral, penentuan urutan materi, teori perkembangan kognitif anak. Pemilihan, penataan, perepresentasian materi ajar bahasa Indonesia kelas tinggi SD:  (1) rujukan kurikulum, (2) pendekatan spiral, (3) penentuan gradasi materi  

Ø Latihan

  • Ø Penugasan
Hasil latihan/pengamatanhasil presentasi.
 
  1. Berlatih merancang dan mengembangkan materi ajar bahasa Indonesia SD/MI sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kebutuhan pembelajaran peserta didik dalam konteks pencapaian tujuan utuh pendidikan (B.6.e)
Merancang dan mengembangkan materi ajar bahasa Indonesia kelas lanjut dengan merujuk pada kurikulum, kebuthhan peserta didik dan konteks serta tujuan utuh pensdidikan Perancangan dan pengembangan materi ajar bahasa Indonesia kelas tinggi SD: (1) rujukan kurikulum, (2) kebutuhan pembelajaran peserta didik, (3) konteks tujuan utuh pendidikan. Latihan dan Penugasan Pengamatan hasil latihan.
 
  1. Berlatih mengaitkan dan merancang keterpaduan materi ajar bahasa Indonesia SD/MI dengan mata pelajaran lain sesuai dengan kurikulum yang berlaku dalam konteks kehidupan peserta didik (B.6.f)
Berlatih mengaitkan  materi ajar bahasa Indonesia dengan mata pelajaran lainnya dalam konteks kehidupan peserta didik. Pengaitan materi ajar bahasa Indonesia dengan (1) model intra bidang studi. Diskusi

Latihan

 

Melaporkan hasil diskusi/pengamatan proses  dan hasil diskusi.
 
  1. Mampu menguasai prinsi-prinsip dasar pembelajaran yang mendidik (C.1.a)

Membedakan  berbagai model pembelajaran empat keterampilan berbahasa di Kelas lanjut

Berbagai model pembelajaran bahasa dan sastra di kelas tinggi: (1) model pembelajaran membaca (antara lain: pendekatan proses, SQ3R, DRTA), (2)  model pembelajaran menulis (antara lain: pendekatan proses, guided writing activity, (3) model pembelajaran berbicara (antara lain: berpidato, bercerita, berdiskusi, berwawancara, bermain peran, simulasi, berbicara estetik), (4) model pembelajaran menyimak (antara lain: DLA, DLTA)

 

 

Diskusi dan Inquiri

Diskusi dan Inquari

 

 

 

 

 

 

 

Diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diskusi

 

Laporan hasil diskusi dan Tanya jawab

Laporan hasil diskusi

Pengamatan proses simulasi

Pengamatan Simulasi

 
  1. Berlatih menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik, termasuk untuk peserta didik yang mengalami kesulitan belajar (C.1.e)

Mengadakan latihan  berbagai model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia  kelas lanjut

Berlatih berbagai model pembelajaran bahasa dan sastra di kelas tinggi: (1) model pembelajaran membaca (antara lain: pendekatan proses, SQ3R, DRTA), (2)  model pembelajaran menulis (antara lain: pendekatan proses, guided writing activity, (3) model pembelajaran berbicara (antara lain: berpidato, bercerita, berdiskusi, berwawancara, bermain peran, simulasi, berbicara estetik), (4) model pembelajaran menyimak (antara lain: DLA, DLTA)

Latihan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengamatan penampilan

 

Pengamatan dan penampilan

Pengamatan penampilan

 
  1. Berlatih mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD/MI sesuai dengan tuntutan situasi jaman dan kebutuhan peserta didik (C.2.c)
Mengadakan  latihan untuk mengembangkan bahasa Indonesia SD sesuai tuntutan,  situasi dan kebutuhan peserta didik. Praktik pengembangan kurikulum BI SD/MI 100

300

Latihan

Pengamatan hasil latihan
 
  1. Berlatih mengembangkan kurikulum bahasa Indonesia SD/MI sesuai dengan pendekatan kontekstual, integratif, dan fungsional (C.2.d)
Mempraktekkan  pengembangan kurikulum sesuai dengan pendekatan konstekstual,intergratif dan fungsional Praktik pengembangan kurikulum BI SD/MI dengan pendekatan kontekstual, integratif, dan fungsional 100

300

Latihan/Praktek

Hasil penampilan
 
  1. Berlatih mengem-bangkan bahan ajar dan media pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI yang mendorong keterlibatan peserta didik secara optimal (C.2.e)
Mempraktekkan pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran bahasa Indonesia.  Praktik  pengembangan  bahan ajar dan media pembelajaran bahasa Indonesia di SD kelas tinggi 100

300

Latihan menggunakan bahanajar disertai media pembelajaran

Hasil pwenampilan
 
  1. Berlatih menerapkan pendekatan tematik pada pembelajaran bahasa Indonesia secara holistik berdasarkan tema yang dipilih dari berbagai perspektif atau disiplin (C.2..f)
Mempratekkan pembelajarn bahasa dengan pendekatan  tematik dan holistik Praktik pembelajaran bahasa Indonesia SD dengan pendekatan tematik dan holistik 100

300

Latihan

Pengamatan hasil penampilan
  Mampu merancang pembelajaran yang mendidik (C.3)
  • Berlatih menyusun rancangan pembelajaran dengan memper-timbangkan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran bahasa Indonesia dalam rangka pencapaia tujuan utuh
Menyusun rancangan pembelajaran bahasa Indonesia dengan mempertimbangkan karekteristik  peserta didik dan karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia. Rancangan pembelajaran bahasa Indonesia SD: (1) mempertimbangkan karakteristik peserta didik, (2) karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia. 100

300

Menyusun RPP kelas awal

penugasan

Pengamatan simulasi.

  Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik (C.4)
  • Berlatih melaksanakan pembelajaran dengan memper-timbangkan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran bahasa Indonesia dalam rangka pencapaia tujuan utuh pendidikan (C.4.c)

Melakukan simulasi pembelajaran BI dengan memper-timbangakan karakteristik peserta didik

Simulasi pembelajaran bahasa Indonesia SD: (1) mempertimbangkan karakteristik peserta didik, (2) karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia. 100

400

 

  • Penjelasan umum
  • Memperlihatkan model pembelajaran
  • Bersimulasi
  • Refleksi

Tes Penampilan

 
  • Berlatih melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan berbagai model di berbagai tingkatan kelas (C.4.d)
Melakukan simulasi pembelajaran BI dengan menerapkkan berbagai model di tingkat kelas (I-VI) SD Simulasi pembelajaran bahasa Indonesia SD: (1) menerapkan berbagai model, (2) memperhatikan tingkatan kelas 100

400

  • Penjelasan umum
  • Memperlihatkan model pembelajaran
  • Bersimulasi
  • Refleksi
Tes Penampilan
 
  • Berlatih menggunakan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran BI (c.4.f
Melakukan simulasi dengan memanfaatkan lingkungan luar sekolah sebagai laboratorium belajar bagi siswa Simulasi pembelajaran bahasa Indonesia SD: dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar 100

400

  • Penjelasan umum
  • Memperlihatkan model pembelajaran
  • Bersimulasi
  • Refleksi

 

Tes Penampilan
  Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan (C.5)
  • Mengkaji berbagai strategi dan prosedur penilaian  pembelajaran yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan (C.5.a)
Menjelaskan strategidan prosedur penilaian proses dan penilaian  hasil bahasaIndonesia. Strategi dan prosedur penilaian bahasa Indonesia  SD: (1) penilaian proses, (2) penilaian hasil. 100

300

Diskusi tentang strategi dan prosedur penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran  bahasa Indonesia.

Laporan hasil diskusi tertulis.

 
  • Berlatih mengembangkan berbagai instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran. (C.5.b)
Menyusuninstrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia. Pengembangan instrumen penilaian bahasa Indonesia SD: (1) instrumen penilaian proses, (2) instumen penilaian hasil. 100

200

Latihan  menyusun instrument penilaian proses dan hasil pembel-ajaran.

Hasil latihan.
 
  • Berlatih melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran (C.5.c)
Melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran. Implementasi penilaian bahasa Indonesia SD: (1) implementasi penilaian proses, (2) implementasi penilaian hasil. 100

200

Latihan me-laksanakan penilaianproses dan hasil.

Hasil latihan
 
  • Berlatih menganalisis hasil penilaian (proses dan hasil) pembelajaran (C.5.d)
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil pembelajaran. Menganalisis hasil penilaian bahasa Indonesia SD: (1) analisis hasil penilaian proses, (2) analisis hasil penilaian hasil. 100

300

Latihan menganalisis

Hasil latihan.
 
  • Membiasakan diri melakukan refleksi mengenai proses dan hasil pembelajaran (C.5.e)
  • Melakukan fefleksi terjhadap proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia tentang langkah-langkah melakukan refleksi

refleksi hasil penilaian proses dan hasil

100

200

Latihan melakukan refleksi dan simulasi

Fortofolio

Wawancara

Skala likert

  Berlatih menindak-lanjuti hasil penilaian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran (C.5.f) Melakukan tindak lanjut hasil penilaian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran Praktik tindak lanjut hasil penilaian 100

200

Latihan menindaklanjuti hasil penilaian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran

Fortofolio

Tes tertulis

Tes lisan

Posted on Mei 25, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar